Resolusi Dengan The Al-Fatihah Codes

al fatihah codesMemasuki pergantian tahun manusia selalu meniatkan resolusi dalam dirinya namun pada akhirnya sebagian gagal mendapatkan.

Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan setiap manusia mempunyai potensi yang hebat dalam dirinya. Namun potensi itu tertutupi oleh blok penutup.

“Tanpa disadari, manusia memiliki setan yang menutupi potensi  dalam dirinya. Dan setan inilah yang harus dibongkar. Bagaimana caranya? Surat Al Fatihah, dalam surat ini mengandung prinsip (codes) yang dapat digunakan untuk membaca pesan atas semua ayat dalam alquran,” katanya.

Sebagai umat muslim, Al Fatihah merupakan surat yang paling sering dibaca. Namun tak banyak yang mengetahui kedasyatan dari bagian pertama Al-Quran itu.

Buku berjudul Al Fatihah Codes, Prinsip-Prinsip Revolusi Diri, karya Kang Yoto (panggilan akrabnya, red) mengupas tiap ayat dalam Al Fatihah. Kupasannya bukan tiap kata dalam satu ayat. Namun tafsir kontekstual.

Meski belum resmi dilaunching, buku Al Fatihah Codes mendapat respon positif masyarakat bahkan menjadi best seller dijaringan toko buku terkemuka.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana membuka seluruh potensi diri dan instrumen revolusi diri menjadi pribadi yang sangat produktif berkarya kebajikan.

“Semua diawali dengan niat, bukan sekadar nawaitu saja. Namun ada pesan komitmen yang tegas dan teguh. Fokus dan membuka hati. Niat adalah penghubung masa lalu, masa kini dan masa depan,” papar mantan rektor Universitas Muhammadiyah Gresik itu.

Dilanjutkan Kang Yoto, kegagalan juga diakibatkan oleh tidak adanya prioritas dalam kehidupan individu tersebut. “Dalam niat, kita harus tahu posisi dan aturan main. Sebab, niat adalah pintu pembuka dari awal hingga akhir perjalanan hidup ini. Tetapkan prioritas Allahu Akbar setelah itu barulah membuang setan dalam dirinya,” lanjutnya.

Dalam buku ini yang di endorsement tokoh-tokoh penting seperti Komaruddin Hidayat (intelektual Islam), Sandiaga Uno (pengusaha nasional), Otto Schamer (guru besar di MIT Amerika Serikat), dan Ahmad Syafii Maarif (mantan Ketua Pimpinan Muhammadiyah), serta Massa Manik (Direktur Elnusa Tbk) ini mengajak individu untuk mengenali potensi yang ada dalam dirinya.

“Hidup ini adalah sebuah pilihan. Karena itu harus yakin dengan apa yang kita pilih. Kamu adalah apa yang kamu lakukan dan apa yang kamu berikan. Karena hidup, adalah kode,” tegasnya seperti yang tertuang dalam kalimat mutiara pada halaman pertama buku ini. (dne)

Baca Juga Dari Kang Yoto

Comments

Loading...