Revolusi Berawal dari Al Fatihah Codes

training al fatihah codesBagi wartawan menulis buku adalah mahkota. Wartawan yang sudah berkecimpung puluhan tahun tapi belum menulis buku, maka belum sah ditahbiskan dirinya sebagai wartawan. Buku adalah produk perjalanan, perenungan, komitmen, bahkan revolusi bagi wartawan.

Nah, bagi pemimpin daerah,  menulis buku itu adalah bukan saja mahkota, tapi juga mutiara. Tak banyak pemimpin daerah yang mampu menulis. Apalagi menulis diluar pekerjaan sebagai pemimpin daerah yang berkutat dengan birokrasi, politik dan anggaran daerah. Di Indonesia, pemimpin daerah yang menulis buku dapat dihitung dengan jari. Padahal, pemimpin daerah di Indonesia jumlahnya ratusan.

Menariknya buku yang ditulis pemimpin daerah satu ini bertema spiritual. Hebatnya lagi, ditulis dengan tulisan yang mengalir, enak dibaca dan tak bertele-tele. Buku itu berjudul “Al Fatihah Codes, Prinsip-Prinsip Revolusi Diri”, karya Kang Yoto, Bupati Bojonegoro.

Dari luar, sampul buku cukup menarik. Kertasnya juga ringan.  Yang memberi endorsement buku ini juga bukan orang-orang sembarangan. Ada Komaruddin Hidayat (intelektual Islam), Sandiaga Uno (pengusaha nasional), Otto Schamer (guru besar di MIT Amerika Serikat), dan Ahmad Syafii Maarif (mantan Ketua Pimpinan Muhammadiyah), serta Massa Manik (Direktur Elnusa Tbk).

Dari endorsement buku itu membuktikan, pergaulan Kang Yoto sangat luas. Bukan hanya nasional saja, tapi juga internasional. Bukan hanya kalangan dosen saja tapi juga pengusaha-pengusaha nasional. Buku ini tentu saja lintas agama. Bisa dibaca oleh agama, golongan dan suku apapun.

Menulis buku bukan hanya kali ini saja dilakukan oleh Kang Yoto. Sebelumnya, Kang Yoto juga menulis buku kumpulan puisi Jagad Para Murid. Menulis puisi bagi Kang Yoto adalah menulis kegelisahan, harapan sekaligus mimpinya membangun Bojonegoro.

Nah, apa isi buku Al Fatihah Codes ini ? Kang Yoto mengupas tiap ayat dalam AL Fatihah. Kupasannya bukan tiap kata dalam satu ayat. Namun tafsir kontekstual. Saat membacanya Anda tak akan menemukan seperti karya ulama. Namun, Al Fatihah ini adalah tafsir seorang motivator yang luar biasa.

Hasilnya juga Al Fatihah bukan hanya tafsir ayat saja. Namun, juga sebuah ayat yang membangun optimisme dalam hidup ini. Al Fatihah menjadi ayat yang membuka kesadaran bagi pembacanya.

Sandiaga Uno, pengusaha nasional yang sukses, bahkan menulis jika kita ingin sukses maka bacalah buku ini. Sebab tafsir Al Fatihah dalam buku ini adalah mengajak  sukses dunia akhirat. Dalam buku ini Kang Yoto menyebut Al Fatihah adalah mekanisme yang luar biasa membangun karakter.

Saya bahkan menemukan banyak hal baru dalam buku ini. Tentang niat. Saya benar-benar menyadari niat bukan sekadar nawaitu saja. Namun ada pesan komitmen yang tegas dan teguh. Fokus dan membuka hati. Bukan hanya itu saja, niat adalah penghubung masa lalu, masa kini dan masa depan.

Dalam niat, kita harus tahu posisi dan aturan main. Sebab, niat adalah pintu pembuka dari awal hingga akhir perjalanan hidup ini.

Saya merasakan membaca buku ini seperti membaca cerpen-cerpen teror Putu Wijaya. Digiring mulai dari awal untuk menuntaskan buku ini tanpa henti. Buku setebal 302 halaman ini saya tuntaskan, dalam waktu 2,5 hari. Biasanya buku setebal ini saya butuh paling tidak seminggu.

Ada yang menarik juga dari buku ini. Nama Kang Yoto dibelakangnya ditambahi Bojonegoro. Jadi nama penulis buku menjadi Kang Yoto Bojonegoro.

Saat saya tanya mengapa ditambahi Bojonegoro ? Kang Yoto menjawab karena  ingin Bojonegoro menjadi bagian dari branding dari bukunya. Menempatkan Bojonegoro menjadi bagian dari namanya adalah bentuk kecintaan Kang Yoto kepada Bojonegoro.

Jika buku ini berhasil merevolusi Indonesia, maka revolusi itu sesungguhnya berawal dari Bojonegoro. Saya membayangkan 2018 mendatang, siapa tahu revolusi benar-benar berawal dari Bojonegoro. Siapa tahu juga Kang Yoto adalah penerus cita-cita revolusi Indonesia.

Maka jika Anda ingin menjadi bagian penting dari revolusi Indonesia, maka mulailah membaca buku ini. (Anas AG)

Baca Juga Dari Kang Yoto

Comments

Loading...