Testimoni Tokoh

buya syafii Prof. DR. Ahmad Syafii Maarif
Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah

“…yang bisa memimpin Indonesia baik nasional, provinsi, kabupaten kota, harus yang petarung… orang itu harus berpikir terus-menerus, membaca situasi, lingkungan dan berkontemplasi untuk mewujudkan janji-janji kampanyenya… Dan itu sudah dilakukan Yoto…”

abdul munir mulkhan1 Prof. DR. Abdul Munir Mulkhan
Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

“Mas Yoto telah menerobos sekat-sekat positivistik menuju pada nilai-nilai yang mencerahkan, mendamaikan, menenteramkan dan merekatkan berbagai latar budaya, etnisitas dan religiusitas. Sebagai pemimpin Kang Yoto ini adalah sosok yang “melayani”. Suluknya melalui laku melayani dan riyadhoh-nya (menempa, melatihnya) dalam pelayanan, sehingga, energi spiritualnya tidak pernah kering.”

putut wijanarko Putut Widjanarko
Vice President Operation Mizan Publika

“Mas Yoto mampu melakukan engagement terhadap orang lain dengan dan dalam bahasa tubuh yang sangat otentik-alami-manusiawi. Sejauh yang saya kenal dari Mas Yoto, driver-nya adalah kehendak untuk melayani. Pasti itu buah kristalisasi dari pengalaman dari hidupnya. Dan,mengingat kapasitas kepemimpinan Mas Yoto yang telah teruji baik dari sisi waktu maupun kompleksitas di lapangan, saya akan mendukung Mas Yoto untuk maju terus di jenjang kepemimpinan yang lebih tinggi; karena kita membutuhkan orang seperti dia.”

bu yoto2 Mahfudloh Suyoto
Istri Kang Yoto

“Kita kan sudah sering berkorban, kita kan sering juga menanggalkan kemerdekaan kita, menanggalkan egoisme kita, untuk rakyat kita, Ayah justru bahagia kalau ibu bisa mencintai aku dengan cara mencintai rakyatku.”

ariestides katoppo1 Aristides Katoppo
UID Board of Trustee

“Mas Yoto mampu melakukan engagement terhadap orang lain dengan dan dalam bahasa tubuh yang sangat otentik-alami-manusiawi. Sejauh yang saya kenal dari mas Yoto, driver-nya adalah kehendak untuk melayani. Pasti itu buah kristalisasi dari pengalaman hidupnya. Dan, mengingat kapasitas kepemimpinan Kang Yoto yang telah teruji baik dari sisi waktu maupun kompleksitas di lapangan, saya akan mendukung Mas Yoto untuk maju terus di jenjang kepemimpinan yang lebih tinggi; karena kita membutuhkan orang seperti dia.”

nindita Maria Roseline Nindita Radyati, Ph.D.
Direktur MM-CSR Universitas Trisakti

“Rasanya baru kali itu saya ketemu sosok pejabat yang begitu powerfull dan begitu luar biasa dengan pekerjaan besarnya. A great work, a lot of great work, tapi dilakoni dengan humble. Kita sangat butuh pemimpin yang seperti itu. Wawasannya internasional, tetapi attitude dan actions-nya itu menjiwai Pancasila. Menjiwai itu yang sulit, dan Pak Yoto justru sangat kuat dalam menjiwai Pancasila.”

joko purwanto Joko Purwanto
Dewan Pengarah Bojonegoro Institute

“Kalau Jakarta sudah bilang tidak, biasanya kan sudah ketutup pintunya. Tapi tidak demikian bagi Kang Yoto. Dia buat formulanya, hitung dan ajukan. Di situ saya melihat Kang Yoto memiliki strategi untuk meyakinkan publik Bojonegoro bahwa dengan segala keterbatasan itu kita harus bisa melakukan sesuatu. Pintu inovasi itu telah dibuka. Siapapun dia, siapa pun orang, kalau punya inovasi, punya gagasan, akan ditangkap dan diciptakan lingkungan yang kondusif agar inovasi-inovasi itu dapat berkembang. Dan yang langsung bisa dirasakan orang ketika berkomunikasi dengan Kang Yoto, dia itu… nganggo ati (menggunakan hati).”

romo markus solo1 Romo Markus Solo, SVD
Anggota Dewan Kepausan Bidang Hubungan Antar Agama di Vatikan Roma untuk Wilayah Asia, Amerika Latin dan Afrika Sub-Sahara

“Saya mengagumi bakat dan aliran nasional-pluralisme yang beliau anut dan mensosialisasikannya tanpa ragu dan takut, karena beliau percaya, bumi Nusantara adalah negeri yang majemuk sejak awal mula. Sungguh menyejukan dan membesarkan hati, bahwa ketika di bagian lain negri ini agama dengan mudah dijadikan komoditi politik dan alat pemicu konflik dan perpecahbelahan, justru di Bojonegoro agama tetap menjadi inspirasi moral yang mensejahterakan rakyat dan menjadi simbol kebanggaan akan pluralitas bangsa yang besar ini.”

marie elka pangestu Mari Elka Pangestu
Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Kang Yoto sebagai kepala daerah yang dekat dan dicintai oleh masyarakatnya karena dinilai mempunyai tekad bulat dan kesungguhan untuk memajukan masyarakatnya. Beliau mencurahkan tenaganya untuk selalu kreatif dan inovatif dalam melakukan transformasi.”

osdar Osdar
Wartawan KOMPAS

“Kang Yoto piawai, sederhana dan inspiratif dalam menjelaskan pemikiran dan program pembangunan bahkan ketika harus melintasi sensitivitas keagamaan sekalipun; Kang Yoto memiliki otentisitas dalam memberikan penghormatan pada rakyat.”

alamul huda12 KH. Alamul Huda Masyhur
Pimpinan Pondok Pesantren Al Rosyid Kendal Dander Bojonegoro

“Kesediaannya untuk selalu hadir dalam event dan momen yang penting dilihat dari kepentingan masyarakat dan umat. Jiwa dan raganya hadir.”

akris2 Akris, AMR
Pendeta Gereja Kristen Jawa Tengah Utara

“Pernah saya bertanya ke beberapa pejabat daerah itu; “Kok pahit, kenapa?”. Mereka menjawab: “Lha setiap rapat-rapat kok konsumsinya singkong sama gethuk”. Tentang “singkong dan gethuk” itu mereka pernah diberi penjelasan oleh Pak Yoto: Daripada kita membuang uang rakyat, lebih baik kita beli dari rakyat itu untuk kita makan di rapat. Itu salah satu gambaran dari kejujuran dan keterbukaan dalam pengelolaan keuangan.”

anak kang yoto Ashfa ‘abid
Putra Pertama Kang Yoto

“Ayah saya ini sudah tidak lagi mempunyai kebutuhan untuk menyenangkan diri sendiri. Jika pun masih ada, mungkin kebutuhan ayah untuk menyenangkan dirinya sendiri itu adalah kegiatan yang membahagiakan orang lain.”

dr haryono1 Dr. Haryono
Direktur RSUD Kabupaten Bojonegoro

“Semangat saya adalah semangat memberi, apa yang saya miliki saya berikan, dan jangan ada dengki, jawaban Pak Yoto ketika saya tanyakan apa kunci semangat hidupnya.”

donny bayu Dony Bayu
Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro

“Pribadi Pak Yoto cukup egaliter, terbuka, transparan. Sekarang ini misalnya, kalau kami mau minta draf APBD begitu mudah. Itu bukti bahwa ikhtiar Pak Yoto untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan cukup baik. Semua pihak diajak omong, siapa pun itu.”

dyah enggar1 Dyah Enggarini Mukti
Kasubid Indagkop dan Investasi Bidang Ekonomi, Bappeda Kabupaten Bojonegoro

“Ketika kita mencintai sesuatu, maka kita tidak akan pernah merasa lelah”

edwin1 Edwin Pranata
Pengusaha Muda, Penggagas Gerakan Generasi Matoh Bojonegoro

“Kepemimpinan Kang Yoto ini sangat langka. Bukan sekedar memimpin untuk supaya kelihatan memimpin ala ”bos”, tetapi pemimpin yang melayani ”leaders to serve”. Kalau digambarkan, Kang Yoto itu mau memakaikan sepatu untuk rakyatnya, melayani rakyatnya benar-benar dari dalam hati.”

faturrahman Fatkur Rochman
Camat Dander Kabupaten Bojonegoro

“Jikalau orang tidur, kita harus bangun. Jikalau orang bangun, kita harus jalan. Jikalau orang berjalan, kita harus berlari.”

eryan1 Eryan Dewi Fatmawati
Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan

“Sebagai penggerak perubahan, pasti beliau sangat memahami bagaimana implikasi dari perubahan yang ditawarkan. Beliau juga pasti memahami bahwa perubahan tidak akan selalu bisa memberikan kebahagiaan bagi setiap orang.”

eryul12 Eryul Mufida
Ketua IWAPI Bojonegoro

“Kalau diajak ngomong enak dan pemberian motivasinya mengena”

handoko2 Handoko
Pengusaha

“Sebelum-sebelumnya kalau orang mau bikin usaha syaratnya macam-macam, pakai ini itu. Kalau jamannya Kang Yoto ini, orang yang mau usaha dimotivasi dan tak jarang dikasih solusi.”

abdul karim2 Abdul Karim
Juru Kunci Pendopo Petilasan Prabu Angling Darma

“Biasane wong gedhe sing moro terus disanjung-sanjung. Yen Pak Yoto mboten purun disanjung-sanjung ngoten niku. Istilahe…, Terlalu ditunjukkan ndak mau.”

supramu Supramu Santoso
Supreme Energy

“Jarang ada pemimpin seperti Kang Yoto yang mau mengorbankan uang untuk masa depan. Biasanya kalau ada sekarang dikeruk habis-habisan, di bikin kantor, dia bikin gedung, bisa-bisa dientekno”

ali fatiken1 Ali Fatikin M.Pd
Kepala Sekolah SMPN 2 Bojonegoro

“Dialog-dialognya yang sangat interaktif, jawaban-jawabannya sangat logis dan paradigmanya problem solving.”